Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat COD Handphone Bekas - ASAL NGEBLOG

Sunday, November 25, 2018

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat COD Handphone Bekas

tips aman saat cod handphone seken
Gambar dari Google
Sobat pernah COD atau Cash On Delivery? Yups cara ini adalah pilihan yang terbaik dari banyaknya alternatif saat transaksi pembelian barang di internet. Dari berbagai macam barang yang dijual di internet salah satunya adalah handphone seken. Mungkin karena pertimbangan harga yang dua kali lipat lebih murah handphone seken lebih diminati daripada membeli baru di konter.

Saat ini banyak sekali pedagang-pedagang handphone maupun yang hanya sekedar ingin ganti handphone memanfaatkan grub-grub jual beli di Facebook. Selain itu Facebook sendiri kini menghadirkan fitur yang mempermudah pengguna khususnya untuk menjual barang dagangannya.

Tapi sobat harus ingat, tidak semua penjual itu jujur, banyak kasus yang terjadi seperti perampasan, penipuan dan lain sebagainya. Maka dari itu sobat harus pintar-pintar saat COD.

Hal yang perlu dilakukan saat COD handphone

1. Mengajak Teman

Jangan pernah sendirian saat COD, apalagi jika sobat seorang perempuan. Akan lebih aman jika sobat mengajak serta teman, selain untuk teman ngobrol juga untuk melindungi sobat dari hal-hal yang tidak kita inginkan.

2. COD di Rumah Si Penjual

Hal ini untuk mengantisipasi penjual handphone seken yang tidak bertanggung jawab. Jadi misal barang yang sobat beli ternyata ada kendala dikemudian hari sementara kendala itu tidak disebutkan dalam daftar minus yang pernah sobat tanyakan sebelumnya, maka sobat tinggal minta tanggung jawab si penjual dengan mendatangi rumahnya.

Kalaupun COD di tengah-tengah ajak penjual untuk duduk santai kalau perlu sambil ngopi dulu.

3. Cek Fisik Handphone

Pastikan kondisi fisik handphone sesuai dengan apa yang telah disampaikan si penjual, jika tidak sesuai batalkan saja. Sobat harus tegas untuk mengambil tindakan.

3. Cek Nomor IMEI Handphone

Sobat harus mengecek nomor IMEI handphone caranya yaitu masuk menu panggil dan ketikkan *#06#. Akan terdapat nomor IMEI beberapa digit disana, ada satu, dua atau tiga tergantung dari jumlah SIM slot handphone tersebut. Jika tidak muncul nomor IMEI batalkan saja.

4. Cek Kenormalan Handphone

Untuk mengecek kenormalan handphone, sobat bisa mengunduh aplikasi CPU-Z di Playstore atau dengan masuk menu panggil ketikkan *#0000# (khusus handphone Samsung), *#*#7378423#*#* (Sony, LG,) lalu silakan cek sinyal, warna, kamera, LCD dan lain-lain. Pastikan semua komponen masih berfungsi dengan baik.

5. Cek Ketahanan Baterai

Cara mengecek ketahanan batrai yang paling akurat adalah dengan memainkan game online atau streaming Youtube lalu merestart ulang handphone. Pastikan sobat untuk melihat dulu berapa persen sisa batrai saat itu lalu mainkan game/streaming selama lebih kurang 2 menit. Selanjutnya sobat matikan/restart ulang handphone tersebut. Jika pada waktu handphone nyala kembali batrai hanya berkurang 1% sampai dengan 6% berati masih dalam tahap normal. Jika lebih dari itu berati batrai handphone tersebut mengalami drain dan perlu diganti.

Handphone ngedrain tidak hanya disebabkan oleh batrai saja lho sobat, tapi ada juga yang disebabkan oleh handphonenya sendiri yang mengalami short atau korslet. Ciri-ciri handphone yang mengalami short adalah cepat panas pada waktu kondisi penggunaan standar atau normal. Jadi jika mengalami hal tersebut saat COD lebih sobat batalkan saja.

6. Buka Tutup Belakang Handphone

Jika handphone yang akan sobat beli tersebut ada tutup belakangnya dan bisa dibuka, segera buka dan cek kondisi dalamnya mulai dari segel (kalau ada), kondisi baut masih bagus atau lecet pernah terkena obeng, sim slot berkarat atau tidak (sim slot yang berkarat rata-rata handphone tersebut pernah tercebur air).

6. Nyalakan Wifi dan Bluetooth

Banyak kasus terjadi karena kurang telitinya si pembeli dalam mengecek handphone, ternyata wifi dan bluetooth tidak bisa digunakan. Jika masih nyala dan bisa konek ke hotspot berarti masih normal. Bluetooth dan wifi berada dalam satu jalur sehingga rusak salah satu maka satunya juga tidak bisa digunakan.

7. Cek Kepekaan Sinyal dan Sambungan Internet

Untuk mengecek kepekaan sinyal pastikan handphone yang akan dibeli tersebut diisi dengan simcard yang sama  dengan handphone sobat yang normal jadi samakan kekuatan sinyal antara handphone tersebut dengan handphone sobat. Silakan dicek di semua slot simcard dan pastikan juga cek 4g, dan cek juga koneksi internetnya.

8. Charger Handphone Selama 5 Menit

Jangan lupa untuk mencharger handphone yang akan sobat beli tersebut selama 5 menit, 1 menit kondisi standby dan 4 menit kondisi terpakai. Jika prosentase batrai bertambah maka handphone tersebut sudah pasti normal jika sebaliknya maka coba dulu pakai charger yang lain. Jika tidak bertambah atau bahkan semakin berkurang maka tegaskan untuk membatalkan transaksi.

9. Selalu Minta Garansi Personal Kepada Si Penjual

Garansi adalah yang terpenting dari setiap transaksi jadi sobat pastikan kepada si penjual untuk memberikan garansi secara personal dengan jaminan foto ktp dari si penjual, tentunya harus dengan kesepakatan bersama.


Nah demikian itu tips saat melakukan COD (Cash On Delivery) handphone seken. Kesimpulannya adalah sobat harus hati-hati benar dalam membeli handphone seken yang dijual di grub-grub Facebook atau medsos lainnya. Hal ini adalah untuk menghindari para pedagang-pedagang nakal yang sudah banyak memakan korban. Semoga tips ini bisa menambah wawasan untuk kita semua khsusunya dalam membeli sesuatu di internet.

Tags

Cara aman membeli hp bekas
Tips COD hp bekas
HP seken malang
Pedagang hp nakal
Comments


EmoticonEmoticon